Petugas Tol Cipali Jemput Bola ke Pemudik

detik com Sejumlah upaya terus dilakukan PT Lintas Marga Sedaya (LMS), sebagai pengelola Tol Cipali untuk mengantisipasi kemacetan arus mudik.

Direktur Operasi PT LMS Rinaldi mengatakan untuk mempercepat transaksi, petugas menjemput bola. Mereka mendatangi kendaraan pemudik yang sedang antre masuk Gerbang Tol Palimanan.

Kemudian, para petugas menawarkan pembayaran tiket dengan bukti berupa voucher. Bukti pembayaran tersebut lalu ditunjukkan kepada petugas saat melintas di loket.

“Nanti mobil yang dapat giliran di GT Palimanan tinggal tunjukkan voucher-nya, lalu langsung berangkat lagi,” kata Rinaldi, Cirebon, Kamis (21/6/2017).

detik com Rinaldi menjelaskan, cara tersebut sangat efektif untuk mempercepat transaksi di loket. Jika kendaraan yang bertransaksi tanpa jemput bola membutuhkan waktu hingga 20 detik.

Menurut Rinaldi dengan metode jemput bola hanya membutuhkan waktu empat detik saat melintas di loket. “Dari mulai mobil masuk gardu sampai keluar hanya empat detik dan lebih efektif,” kata dia.

Selain menjemput bola, menurut Rinaldi, transaksi menggunakan e-money juga meningkat. Jika hari biasa transaksi e-money hanya lima persen, pada mudik kali ini bisa mencapai 25 persen.

Rinaldi mengatakan arus mudik pada H-3 Lebaran terbilang paling tinggi pada shift pertama, dengan jumlah kendaraan yang melintas mencapai 22 ribu. Jumlah ini naik dibandingkan Rabu kemarin, 21 ribu kendaraan.

detik com Total dua hari lalu di kisaran 60 ribu, Rabu kemarin mencapai angka 80 ribu. Prediksi jumlah kendaraan yang melintas di Cipali (hari ini) mencapai 90 ribu,” kata dia.

Rinaldi mengakui kemacetan panjang memang terjadi di Tol Cipali, namun tidak sampai membuat kendaraan dialihkan ke jalan arteri.

Dia juga mengakui fasilitas di rest area belum maksimal, sehingga menyebabkan pemudik beristirahat di bahu jalan.

“Biasanya menjelang dan sesudah magrib kendaraan penuh. Kami juga mengimbau pemudik agar tidak berlama-lama istirahat di rest area,” kata dia.

Rinaldi menambahkan kendaraan pemudik yang melintas di Gerbang Tol Palimanan, baik dari arah Cirebon maupun Jakarta hari ini pada pukul 14.00 WIB mencapai 29.202 unit kendaraan. Sedangkan, Rabu kemarin pada waktu yang sama, yakni 27.921 unit. detik com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *