Barcelona Lebih Ampuh Jika Main Tanpa Lionel Messi?

Persentase kemenangan klub Catalan ternyata lebih tinggi ketika Lionel Messi tidak bermain. Apakah dengan demikian, andai Barca mampu membungkam Borussia Moenchengladbach pada Kamis (29/9), statistik ini semakin dapat dibuktikan?
Dalam statistik yang dipaparkan Goal.com dan Opta, dibandingkan jumlah laga Barcelona ketika Lionel Messi bermain dan ketika La Pulga absen. Hasilnya, Messi tercatat tampil 98 kali bersama klub Catalan di Liga Champions. Jumlah kemenangan yang diraih adalah 60 kali. Artinya, persentase kemenangannya mencapai 61,2 persen.
Selain itu, Barcelona tercatat kalah 15 kali di Liga Champions kala Messi tampil. Mereka juga mencatatkan 215 gol, artinya rata-rata 2,2 gol per pertandingan. Cukup unik, sejak Messi bermain di klub Catalan, Barca sudah 34 kali tampil tanpa dirinya. Dari jumlah laga tersebut, persentase kemenangan Barcelona justru lebih baik, yaitu 64,7 persen alias 22 kali dari 34 pertandingan.
Barca juga cuma tumbang empat kali, dengan catatan jumlah dan persentase gol yang lebih rendah. Yaitu, 61 gol dari 34 pertandingan yang setara dengan 1,8 gol per laga.

Lalu, dengan statistik demikian, apakah keberadaan Lionel Messi dapat dikatakan mengganggu Barcelona? Apakah adanya Si Nomor 10 justru membuat tim harus bermain untuknya, dan bukan sebaliknya? Jawabannya, tidak. Statistik tersebut harus dilihat dari faktor lain. Jumlah kekalahan yang diderita Barcelona bersama Messi tersebut, sebagian besar tercipta di babak sistem gugur, ketika Barcelona berhadapan dengan lawan yang lebih berat.
Sebaliknya, persentase kemenangan Barcelona tanpa Messi lebih tinggi, di antaranya disebabkan oleh lemahnya lawan yang dihadapi. Biasanya, pelatih Barca mulai dari Pep Guardiola hingga Luis Enrique tidak memasang Messi di laga yang risikonya rendah, sehingga dengan pemain cadangan sekalipun, Barca tetap bisa menang, bahkan telak menghadapi musuh.
Nah, apa yang terjadi jika Barcelona bisa menang dari Moenchengladbach Kamis mendatang? Apakah hal tersebut berarti Barca memang lebih baik tanpa Messi? Itu jawaban yang terlalu menggeneralisasi. Jawaban yang lebih tepat adalah: Barcelona ternyata tetap bisa menang tanpa sang pemain kunci.

heatherdugdale2.com indotogel singapura Sumber: Sidomi